Workshop Digitalisasi Media Pembelajaran Dosen FEBI UIN Bukittinggi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Workshop Digitalisasi Media Pembelajaran Dosen FEBI UIN Bukittinggi

Pada hari Sabtu, 10 Juni 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan workshop digitalisasi media pembelajaran. Kegiatan workshop mengundang pakar Media Pembelajaran dan Teknologi Pembelajaran Dr. Darmansyah, M.Pd dari Universitas Negeri Padang (UNP) dan pakar media pembelajaran dan Ekonomi Islam Fadlil Abdani, SE,MA, CIFA, CAP dari UIN Malang.

Kegiatan Workshop yang diperuntukkan untuk dosen FEBI UIN Bukittinggi yang dilaksanakan di ruangan diskusi lantai 3 gedung rektorat disambut secara meriah oleh peserta yang hadir. Hal ini dapat dilihat dari animo dosen yang cukup tinggi, tingkat keaktifan yang baik, serta keterlibatan dalam kegiatan yang begitu responsif. Bahkan peserta berharap masih ada workshop lanjutan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan dosen ke depan.

Dr. Darmansyah, M.Pd selaku pemerhati dan pengembangan media pembelajaran menyampaikan  perkembangan terbaru media pembelajaran terutama pada era digitalisasi (Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0) berkembang begitu pesat dan rata-rata penguasaannya ada pada Gen Z dan alfa. Gen Z posisi mereka hari ini menjadi bagian dari mahasiswa yang di dampingi. Perlu upaya yang keras dari dosen untuk menguasai media pembelajaran berbasis digital agar pembelajaran dapat berjalan dengan aktif. Fadlil Abdani, SE,MA, CIFA, CAP menekankan pada penggunaan media pembelajaran berbasis digital untuk pembelajaran bidang ekonomi serta berbagi pengalaman penerapan media pembelajaran berbasis digital di UIN Malang.

Workshop digitalisasi media pembelajan diikuti oleh 35 dosen dari berbagai prodi yang ada di FEBI UIN Bukittinggi. Acara workshop digitalisasi media pembelajaran dibuka oleh Wakil Rektor I UIN Bukittinggi Dr. H. Asyari, M.Si. dengan moderator Rusydi Fauzan, MM.