International Studium Generale Perbankan Syariah: Digitalizing Islamic Finance to Strengthen the Islamic Economy

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - International Studium Generale Perbankan Syariah: Digitalizing Islamic Finance to Strengthen the Islamic Economy

Pada hari Rabu, 14 Juni 2023, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan studium generale internasional yang pertama dalam rangkaian kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan Studium Generale ini mengundang narasumber dari Kolej University Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) yaitu Dr. Ahmad Yani Bin Ismail. Kegiatan stadium generale ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting.

Kegiatan stadium generale ini dihadiri oleh civitas akademika FEBI UIN Bukittinggi mulai dari jajaran pimpinan FEBI yang terdiri dari dekan, wakil dekan 1, 2, dan 3, kabag, dan ketua prodi selingkup FEBI UIN Bukitingi. Kemudian juga dihadiri oleh dosen-dosen dan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah.

Dr. Ahmad Yani Bin Ismail menyampaikan  tema tentang “Digitalizing Islamic Finance to Strengthen the Islamic Economy. Didalam penyampaian materinya beliau menjelaskan tentang kebutuhan penting digitalisasi Islamic Finance yaitu :

  • Peralihan teknologi manual ke Internet guna mendukung Intenet of Thins, Artificial Intelligence, Big Data untuk mendukung Keuangan Islam
  • Peralihan dari bank manual ke digital bank seperti mobile banking, e-walet dan lain-lain mendukung Keuangan Islam.
  • Kemudahan dalam akses perbankan berbasis digital (dompet digital)
  • Regulasi baru dipersiapkan untuk mengawal digitalisasi bersumber pada agama

Studium General tersebut diikuti oleh peserta 450 terdiri dari Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, Dosen, dan keluarga besar FEBI UIN Bukittinggi. Acara ini sendiri dibuka langsung oleh Dekan FEBI Dr. Hesi Eka Puteri, S.E.,M.Si dengan moderator Dr. (c) Baginda Parsaulian, ME. (Tim Redaksi FEBI)

Leave a Reply