Studium Generale – Prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Studium Generale – Prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Pada hari Senin 12 Juni 2023, Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan studium generale yang pertama di tahun 2023. Kegiatan Studium Generale ini mengundang Dr. Muhammad Abduh dari Universiti Brunei Darussalam. Kegiatan studium generale ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dengan topik “Digital Business and Fair Competition”.

Kegiatan ini diagendakan agar meningkatkan keilmuan bagi mahasiswa, dosen maupun civitas akademika kampus mengenai wawasan di bidang Manajemen Bisnis dengan menerapkan nilai-nilai keagamaan. Kegiatan studium generale ini dihadiri oleh 280 peserta yang berasal dari civitas akademika FEBI UIN Bukittinggi mulai dari jajaran pimpinan FEBI yakni Dekan, Wakil Dekan 1, 2, dan 3, Kabag Fakultas, dan Ketua Program Studi selingkup FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitinggi serta dosen-dosen dan mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah.

Acara Studium General dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran serta pembacaan do’a yang dibawakan oleh mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah. Selanjutnya penyampaian Kata Sambutan oleh Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Syariah yaitu Bapak Andis Febrian, MM dan pembukaan Studium General secara resmi oleh Dekan FEBI yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Ibu Dr. Rusyaida.D, M.A.

Disampaikan oleh Bapak Dr. Muhamad Abduh bahwa bisnis Digital merupakan bisnis yang menggunakan teknologi dalam membentuk suatu nilai yang baru, meningkatkan pengalaman konsumen serta dalam transaksi bisnis itu sendiri. Dalam bisnis digital mesti ada kebebasan dan keadilan dalam berkompetisi sehingga dapat menghasilkan manfaat dan menambah kualitas serta inovasi bagi pebisnis. Kebebasan dan keadilan berkompetisi dalam prakteknya juga berkaitan dengan norma-norma agama khususnya dalam bidang ekonomi, seperti pemahaman halal dan haram, serta kesahihan dalam bertransaksi.

Studium Generale berlangsung dengan lancar dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00. Terdapat interaksi yang baik antara narasumber dengan peserta yang ditunjukkan dengan antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh narasumber. Acara studium general ditutup kembali oleh Ibu Wakil Dekan 1 FEBI dengan mengapresiasi narasumber yang telah bersedia membagikan ilmunya dalam agenda ini, serta panitia dari Prodi MBS yang telah melaksanakan Studium Generale dengan sukses. Sesi zoom meeting kemudian ditutup dengan foto bersama narasumber dan peserta. (prodi MBS)

Leave a Reply