Studium Generale – Prodi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Studium Generale – Prodi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Pada hari Selasa 30 Mei 2023 2023, Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech Muhammad Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan stadium generale yang pertama dalam rangkaian kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan Studium Generale ini mengundang narasumber dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu Prof. Djoko Sigit Sayogo, SE., M.Acc., PhD. Kegiatan studium generale ini dilaksanakan secara online melaluhi Zoom Meeting.

Kegiatan studium generale ini dihadiri oleh civitas akademika FEBI UIN Bukittinggi mulai dari jajaran pimpinan FEBI yang terdiri dari dekan, wakil dekan 1, 2, dan 3, kabag, dan ketua prodi selingkup FEBI UIN Bukitingi. Kemudian juga dihadiri oleh dosen-dosen dan mahasiswa prodi Akuntansi Syariah.

Prof. Djoko Sigit Sayogo, SE., M.Acc., PhD menyampaikan  tema tentang “Tantangan Digitalisasi Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Menuju New Society 5.0’’. Didalam penyampaian materinya beliau menjelaskan tentang keahlian yang harus dimiliki mahasiswa Aksya Profesi Akuntan untuk menuju New Society 5.0’ yaitu :

  • Data analisis dan dasar-dasar Data Science
  • Creative Quotient (CQ): Kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang ada dalam situasi baru, membuat koneksi, mengeksplorasi potensi hasil, dan menghasilkan ide baru.
  • Digital Quotient (DQ): Kesadaran dan aplikasi teknologi digital yang ada atau sedang berkembang, kapabilitas, praktik, dan strategi – memahami otomatisasi
  • Emotional intelligence (EQ): Kemampuan untuk mengidentifikasi kecerdasan emosi pribadi dan orang lain, menerapkannya pada tugas, mengatur ,serta mengelolanya

Studium General tersebut diikuti lebih dari 100 mahasiswa prodi aksya, dosen-dosen dan Tendik  FEBI UIN Bukittinggi dan dibuka langsung oleh Dekan FEBI Dr. Hesi Eka Puteri, S.E.,M.Si dengan moderator Tartila Devy, S.E.,M.Ak.  Kegiatan ini berjalan dengan baik dan hikmat serta diawali dengan pembukan oleh MC dan dilanjutkan dengan  do’a agar kegiatan ini menjadi berkah. (Tim Redaksi)

Leave a Reply