Prodi Ekonomi Islam Gelar Studium Generale Berskala International

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Prodi Ekonomi Islam Gelar Studium Generale Berskala International

Bukittinggi, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi gelar Studium Generale tingkat internasional dengan mengangkat tema “Future Opportunities and Challenges of Islamic Economics in the Digital Era”. Pelaksanaan kegiatan Studium Generale ini dilakukan secara daring menggunakan platform zoom meeting yang diikuti sekitar kurang lebih 400 peserta pada hari Kamis tanggal 08 Juni 2023.

Studium Generale ini dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Program Studi Ekonomi Islam yaitu Rika Widianita, SEI., ME. Beliau menyampaikan “kegiatan Studium Generale ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan tiap semester, dengan tujuan memberikan tambahan pengetahuan mengenai perkembangan ekonomi Islam (syariah) dengan menghadirkan Narsumber yang profesional dan ahli di bidangnya, dimana kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai perkembangan ekonomi Islam (syariah) terbaru sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi”. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus pembukaan acara oleh Ibu Dr. Hesi Eka Puteri, SE., M.Si selaku Dekan FEBI UIN SMDD Bukittinggi, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Studium generale adalah wadah bagi mahasiswa untuk mengupgrade wawasan dari narasumber praktisi yang dapat nemberikan gambaran real tentang opportunities and challanges yang ada. Menghadirkan narasumber International dengan industriam experience diharapkan dapat memberikan bencmarking bagi kita semua.”

Narasumber pada Studium Generale kali ini menghadirkan dosen senior dari University Tun Hussein Onn Malaysia yaitu Ir. Abdul Hamid, M.Si., Ph.D yang dimoderatori oleh Faisal hidayat, ME. Narasumber menjelaskan bagaimana perkembangan era digital, bagaimana kegiatan bisnis dan ekonomi menggunakan teknologi digital, bagaimana peluang dan tantangannya, dan apa yang harus dilakukan untuk menjawab tantangan di Era Digital sesuai dengan ekonomi Islam (syariah).

Materi yang disampaikan sangat menarik dan juga banyak pembelajaran yang dapat diambil. Ke depan kegiatan Studium Generale ini akan terus dilakukan dengan mengangkat tema-tema yang menarik dan kekinian dan menghadirkan Narasumber yang ahli dan profesional di bidangnya.(Tim Redaksi FEBI)

Leave a Reply