International Studium Generale Pariwisata Syari’ah: “Sharia Tourism in an International Perspective”

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - International Studium Generale Pariwisata Syari’ah: “Sharia Tourism in an International Perspective”

Pada hari Kamis, 22 Juni 2023, Prodi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan stadium generale internasioanl dalam rangkaian kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan Studium Generale ini mengundang narasumber dari University Malaysia Kelantan yaitu Prof. Madya Dr. Roslizawati Binti Che Aziz sekaligus Dekan Hospitality, Pelancong dan Kesejahteraan pada kampus tersebut. Kegiatan salah satu upaya membangun kerjasama internasional antara FEBI UIN SMDD dan Faculty Hospitality, Pelancong dan Kesejahteraan, University Malaysia Kelantan. Kegiatan dilangsungkan secara online melalui Zoom Meeting.

Kegiatan studium generale ini dihadiri oleh civitas akademika FEBI UIN Bukittinggi mulai dari jajaran pimpinan FEBI yang terdiri dari dekan, wakil dekan 1, 2, dan 3, kabag, dan ketua prodi selingkup FEBI UIN Bukittingi. Kemudian juga dihadiri oleh dosen-dosen dan mahasiswa Prodi Pariwisata Syari’ah.

Prof. Madya Dr. Roslizawati Binti Che Azizi menyampaikan  tema tentang “Sharia Tourism in an International perspective. Di dalam penyampaian materinya beliau menjelaskan tentang isu-isu terbaru berkaitan dengan tantangan pariwisata syari’ah di dunia internasional pasca covid-19, peran strategis Negara Muslim menarik dan mempertahankan pangsa dengan konsep wisata syari’ah dengan slogan halal tourism untuk mengambil pangsa pasar Wisatawan Muslim. Keterlibatan Negara Non Muslim untuk mengambil pangsa pasar Wisatawan Muslim dengan mengembangkan wisata syari’ah dengan trennya halal tourism. Ini menjadi tantangan bagi Negara Muslim agar mengembangkan wisata syari’ahnya agar pangsa pasar tetap terjaga.

Studium General tersebut diikuti oleh peserta 150 terdiri dari Mahasiswa Prodi Pariwisata Syari’ah, Dosen, dan keluarga besar FEBI UIN Bukittinggi. Acara dibuka oleh Wakil Dekan II FEBI Gusril Basir, SH., M.Hum dengan moderator Faisal Zulfi SE.,MPPar. Kegiatan dimulai dengan pengantar oleh Ketua Prodi Pariwisata Syari’ah Cahya Agung Mulyana, ST, MPPar.(Tim redaksi FEBI)

Leave a Reply