WEBINAR RAMADHAN FEBI “UPGRADE KEPRIBADIAN BERSAMA RAMADHAN” SUKSES DIANGKATKAN

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - WEBINAR RAMADHAN FEBI “UPGRADE KEPRIBADIAN BERSAMA RAMADHAN” SUKSES DIANGKATKAN

Meskipun dalam kondisi libur nasional (hari paskah), 07 April 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Bukittinggi tetap berusaha mengisi ramadhan kali ini (1444 H) dalam bentuk kegiatan kajian keislaman dalam rangka menambah dan meningkatkan pemahaman dan kesadaran beragama. Tema yang diangkatkan dalam kegiatan dalam bentuk webinar kali ini adalah “Upgrade Diri Bersama Ramadhan”. Acara yang diangkatkan oleh ormawa FEBI atas dorongan WaDek III dan Dekan FEBI, meskipun direncanakan H-1 (kamis 06-04-2023), namun Alhamdulillah berhasil diangkatkan dengan sukses dan lancer. Diakui memang, persiapannya bersifat “the power of kepepet” (terdesak), akan tetapi berkat kerja sama mahasiswa FEBI sebagai Ketupat (Ketua Panitia), acara yang dimaksud berjalan dengan lancer dari awal hingga menjelang berbuka.

Dalam timeline acara secara Zoom Meet, acara dibuka oleh MC/Moderator dan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Sherlina Akmal, kata sambutan oleh ketupat oleh Refliter Putra, kata sambutan Dema Febi Ferdi Prayoga, kata sambutan oleh Dekan FEBI Dr. Hesi Eka Putri, SE., M.Si dan ditutup dengan doa.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI sangat apresiasi dengan kegiatan yang diangkatkan. Dekan menjelaskan dan menegaskan, sebagaimana dalam perekonomian terjadi apa yang disebut dengan fluktuatif (naik-turunnya nilai uang dan harga), maka dalam keimanan kita juga bisa mengalami naik-turunnya keimanan seeorang. Untuk itu, acara seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi para mahasiswa FEBI secara khusus tentunya.

Acara ini diisi langsung oleh Wakil Dekan III FEBI, bapak Dr. H. Andriyaldi, MA atau yang biasa dipanggil dengan sapaan Pak Akhi. Secara umum WaDek III menyampaikan bahwa banyak aspek yang bisa kita petik dalam bentuk hikmah dan pelajaran dari proses rangkaian ibadah puasa Ramadhan tersebut. Melalui ibadah puasa, maka kepribadian seorang muslim dalam bentuk karakter, integritas, cara pandang (perspektif) diuji dan dilatih terutama dalam bentuk kesabaran dan ketabahan menahan segala yang membatalkan puasa dan nilai ibadah puasa itu sendiri. Wadek III juga mendorong peserta agar meningkatkan kualitas dan kuantitas amalan-amalan Ramadhan berupa shiyam, qiyam dan quran.

Di akhir acara, para peserta diberi kesempatan bertanya terkait berbagai hal terkait materi yang telah disampaikan. Webinar via Zoom sukses dan berjalan dengan lancar disamping mahasiswa merasa puas dengan kegiatan yang diangkat.

Laporan WaDek III FEBI, Dr. H. Andriyaldi, MA

Leave a Reply