PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FEBI UIN BUKITTINGGI DENGAN MELIBATKAN MAHASISWA DI BUMNAGARI LAWANG SALIMPAUNG TANAH DATAR

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FEBI UIN BUKITTINGGI DENGAN MELIBATKAN MAHASISWA DI BUMNAGARI LAWANG SALIMPAUNG TANAH DATAR

Salah satu wujud penerapan keilmuan yang dipelajari mahasiswa di kampus adalah melakukan pengabdian terhadap masyarakat. Sebab, apa yang telah dipelajari di dunia kampus tidak jarang terkadang ditemukan perbedaaan-perbedaan antara teori dan prakteknya. Untuk itu, dengan adanya pengabdian masyarakat akan lebih mengasah keilmuan dosennya sekaligus menambah pengalaman mahasiswa. Lebih dari itu, kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi dimana salah satunya adalah Pengbadian Masyarakat, disampin Pendidikan dan Penelitian.

Dalam rangka itu, maka dosen FEBI UIN Bukittinggi melibatkan mahasiswanya untuk ikut serta dalam acara kegiatan tersebut. Bentuk acara adalah “Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNagari)”. Acara bertempat di Nagari Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar pada hari Jumat, 20 Januari 2023. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah dalam rangka penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi syariah.

Mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Nadiyatul Fitri dan Vironika Afinda. Kegiatan ini didampingi langsung oleh dosen-dosen FEBI UIN Bukittinggi yang diketuai oleh Ibu Santi Deswita, ME. bersama dosen-dosen lainnya

Acara diisi oleh dosen-dosen FEBI yang diketuai oleh Ibu Santi Deswita, ME bersama dosen-dosen FEBI lainnya yaitu Septria Susanti,SE.,ME, Gusrianti, S.Pd.,M.S.Ak, Muhammad Rais, SE.,ME dan Himmatul Khairi, ,SE.,ME. Acara ini juga melibatkan mahsiswa FEBI, yaitu sdr Nadiyatul Fitri dan Vironika Afinda. Adapun dari pihak BUMNag sendiri, turut hadir Pengurus BUMNagari yang terdiri dari Direktur, Pengawas dan Manager serta Anggota lainnya. Mereka sangat senang dan apresiat terhadap kehadiran pihak kampus dimana mereka mendapatkan hal-hal baru dari dosen UIN Bukittinggi.

Dekan FEBI UIN Bukittinggi Dr. Hesi Eka Putri memberikan motivasi terhadap Prodi-Prodi yang ada, agar kegiatan-kegiatan semacam ini dalam berbagai ranah terkait keilmuan FEBI perlu ditingkat terus dalam memajukan (akreditasi) kampus kita sendiri. Hal ini juga sebagaimana yang dicita-citakan oleh Rektor UIN Bukittinggi sendiri; Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum.

Kegiatan sehari ini berlangsung dengan kidmat dan lancar sejak awal hingga selesai. Kegiatan ini diawali dengan; pembukaan, sepatah kata dari pengawas BUMNag, sambutan dari tim pengabdian, sepatah kata dan pembukaan acara dari wali nagari lawang dan terakhir adalah acara inti berupa penyampaian materi dan pendampingan penyusunan laporan keuangan BUMNag. Acara ditutup dengan foto bersama. Wal Hamdulillah.

[Wadek III FEBI UIN Bukittinggi, Dr.H.Andriyaldi,MA.]

 

Leave a Reply