SERTIJAB PELAKSANA AKADEMIK DAN RAPAT KOORDINASI FEBI UIN SMDD BUKITTINGGI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - SERTIJAB PELAKSANA AKADEMIK DAN RAPAT KOORDINASI FEBI UIN SMDD BUKITTINGGI

Pagi ini, 04 Januari 2022, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) SMDD UIN Bukittinggi, Dr. H. Hesi Eka Puteri, M.Si melakukan rapat koordinasi dan sekaligus sertijab dengan kaprodi dan sekretaris yang baru dilantik  dua hari yang lalu. Rapat yang dihadiri WADek I-III, Kabag serta Kaprodi yang ada dilakukan di lantai III gedung FEBI.

Rapat koordinasi dibuka dan dipimpin langsung oleh Dekan FEBI. Dalam penyampaiannya, Dekan FEBI menjelaskan dan menegaskan beberapa poin-poin penting dan pokok yang harus ketahui oleh semuanya berdasarkan tupoksinya masing-masing. Dalam penyampaiannya, Ibu Dekan mengawali pembicarannya dengan hal-hal yang bersifat umum bagaimana membangun kerjasama yang baik dan menghindari konflik-konflik yang mungkin akan muncul.

Dalam acara yang dimulai pukul 08.00 ini, Ibu Dekan mengingatkan semua yang hadir bahwa kita semua adalah PenDik (Pelaksana Akademik), apapun itu posisi dan jabatan kita. Dekan FEBI juga mengingatkan  bagaimana dalam waktu yang singkat ini (2023-2024) dan sejalan dengan telah bertransormasinya kampus kita menjadi UIN Bukittinggi, akselerasi dan kerja maksimal kita memang terbukti dan terukur. Untuk itu, ke depannya, tandas BukDe:  “Saya secara rutin (periodik) akan melakukan koordinasi dengan bapak-ibu Wadek dan Kaprodi yang ada, dan jika perlu saya akan mendatanginya”. Kita harus melakukan akselerasi (percepatan), sehingga prodi-prodi yang sudah Akreditasi A ditingkatkan lagi. Terkhusus untuk Prodi MHU (Manajemen Haji dan Umrah) dan Aksya (Akuntasi Syariah) perlu perhatian lebih lagi untuk mendapatkan Akreditasi lebih baik. Inilah harapan Dekan FEBI kepada kita semua dan lebih-lebih ini juga menjadi harapan besar Rektor UIN Sjech Muhammad Djamil Djambek Bukittinggi, Prof. Dr. Ridha Ahida, MA.

Dalam acara ini, ibu Wakil Dekan I, Dr. Rusyaida menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan persoalan akademik dimana perlunya kerja sama sesama kita dan menegaskan bahwa dalam hal ini Kaprodi adalah ujung tombaknya berhasilnya akademik kita. Sementara itu, Wadek II bapak Gusril Basril, SH.,MH menyampaikan menegaskan mari saling membangun silaturahmi yang baik dan perlunya kerja sama antar prodi yang ada. Terakhir, Wadek III FEBI Dr. Andriyaldi, Lc.MA yang lebih fokus bertanggung jawab dalam persoalan kemahasiswaan dan kerja sama, mengatakan perlunya kita lebih fokus untuk membina mahasiswa-mahasiswa kita dari segi akhlak dan moralnya. Jangan sampai kita “terlambat” dalam membina mereka. Ada dua (2) fokus terhadap mereka, yaitu; Nilai dan Nilai-nilai. Nilai cendrung di kelas, namun di luar kelas jangan sampai terjadi pembiaran terhadap prilaku dan akhlak mereka. Tentu saja, dari atas kita harus kompak semuanya, termasuk antar fakultas. Dalam kesempat ini Ibu Kabag FEBI Sesmiarti, S.Ag.S.Ip., MH. juga mengingatkan semua yang hadir, bagaimana kita dalam bekerja selalu berusaha mengikuti ORTAKER dan STATUTA yang dikeluarkan Menteri Agama sebagai panduan kita dalam bekerja di lingkungan UIN SMDD Bukittinggi.

Acara juga diselingi dengan menampung berbagai pertanyaan dan persoalan yang sedang kita dihadapi prodi-prodi yang ada. Baik terkait perkuliahan mahasiswa bagaimana mensiasati mereka bisa tamat 3,5 tahun dan juga persoalan nilai-nilai yang dikhawatirkan terkait mahasiswa.

Rapat selesai pukul 11.40  WIB dan ditutup dengan closing statement dari BukDe, Dr. Hesi Eka Putri, M.Si.,: “Mari tetap semangat kerja, positif feeling dan jangan sampai lupa menjaga kesehatan”.

Leave a Reply