FEBI IAIN BUKITTINGGI SEBAGAI MITRA PENELITI PADA PENILAIAN KINERJA INDEKS TATA KELOLA (ITK) ONLINE POLRES BUKITTINGGI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - FEBI IAIN BUKITTINGGI SEBAGAI MITRA PENELITI PADA PENILAIAN KINERJA INDEKS TATA KELOLA (ITK) ONLINE POLRES BUKITTINGGI

     Dalam rangka mensukseskan program Reformasi Birokrasi Polri  melalui penilaian kinerja Indeks Tata Kelola (ITK) online pada tingkat polres tahun anggaran 2020, FEBI IAIN Bukittinggi digandeng sebagai mitra peneliti pada kegiatan penilaian kinerja di POLRES Bukittinggi.  Kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda nasional dalam upaya pembaruan institusi Polri dengan melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh. Pengukuran kinerja ini dilaksanakan  di lingkungan internal maupun eksternal, dengan menggunakan 7 (tujuh) prinsip, yaitu: kompetensi, responsif, perilaku, transparan, keadilan, efektivitas, dan akuntabilitas, melalui platform aplikasi online https://itkonline.polri.go.id/#/ untuk pengukuran ITK pada tingkat Polres.

     Sebagai mitra peneliti, FEBI IAIN Bukittinggi melakukan kegiatan ini secara profesional dan bertindak membantu Polri dalam mengambil data objektif  pihak internal dan eksternal Polres seperti pihak akademisi, jurnalis, Lembaga Swadaya Masyarakat ataupun Badan Pusat Statistik Daerah. Dengan keberadaan peneliti lokal diharapkan dapat membantu Polri dalam mengumpulkan responden dan menjaga objektifitas data persepsi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Juni 2020 dengan penanggungjawab kegiatan Dr. Miswardi M.Hum dan pelaksanaan teknis di bawah koordinasi Dr. Hesi Eka Puteri M.Si. Kegiatan ini melibatkan beberapa anggota peneliti dari FEBI IAIN Bukittinggi sebanyak 7 orang. Sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi yang tidak hanya menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran namun juga melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, FEBI IAIN Bukittinggi senantiasa menjalin kerjasama dengan institusi lainnya ditingkat lokal maupun nasional. (HEP)

Leave a Reply