Studium General: Manajemen Pengolahan Dana Philantrophy dalam Upaya Meningkatkan Bisnis UMKM Pasca Pandemi Covid 19

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Studium General: Manajemen Pengolahan Dana Philantrophy dalam Upaya Meningkatkan Bisnis UMKM Pasca Pandemi Covid 19

Rabu, 20 April 2022. Prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Bukittinggi kembali mengadakan Studium General bertemakan Manajemen Pengolahan Dana Philantrophy dalam Upaya Meningkatkan Bisnis UMKM Pasca Pandemi Covid 19.

Studium General tersebut dibuka langsung oleh Bapak Dekan Fakultas Ekonomi IAIN Bukittinggi Dr. Iiz Izmuddin, M.A dengan moderator Ibu Wakil Dekan II FEBI IAIN Bukittinggi Dr. Rusyaida, M.Ag dengan mengundang narasumber Bapak Ketua Pelaksana Harian Unit Pengelola Zakat (UPZ) PT. Semen Padang Bapak Muhammad Arif, S.Ag., M.H.

Sebelum materi disampaikan oleh Narasumber terlebih dahulu dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan UPZ PT. Semen Padang yang di Fasilitasi oleh Wakil Dekan III FEBI Bapak Gusril Basir, SH,.MHum dan ditandatangani langsung oleh Bapak Dr.Iiz Izmuddin, M.Ag sebagai Fihak Pertama dari FEBI IAIN Bukittinggi dan Oleh Bapak Muhammad Arif,.Sag,.MH selaku Ketua Pelaksana Harian UPZ PT. Semen Padang sebagai pihak Kedua dalam Perjanjian Kerjasama Bidang Akademik ini.

Karena semakin terasa manfaat keberadaan BAZIS dan dukungan dari direksi, memicu semangat pengurus untuk menyempurnakan penunaian Zakat 2.5% dari gaji karyawan. Sehingga dibentuklah Badan Pertimbangan Syariah kata Ketua Pelaksana Harian UPZ PT. Semen Padang Muhammad Arif, S.Ag., M.H. sebagai sejarah awal pengolahan zakat di PT. Semen Padang.

Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya dana Zakat dapat memberdayakan dan mengembangkan potensi dan meningkatkan taraf hidup penerima zakat sehingga nantinya dapat mengentas kemiskinan di Sumatera Barat.

Banyak program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) PT. Semen Padang diantaranya dibidang Pendidikan, Kesehatan, Kemanusiaan, Ekonomi dan Dakwah Advokasi. Diharapkan nantinya dapat mendorong bertambahnya muzakki di wilayah Sumatra Barat tutup Beliau. (tim redaksi FEBI)

Leave a Reply