Diskusi dosen merupakan salah satu bentuk kegiatan yang sangat menunjang bagi peningkatan kualitas dosen sebagai tenaga pendidik. Banyaknya isu-isu yang berkembang dan permasalahan yang ditemui dalam proses pendidikan dan pembelajaran maka kegiatan diskusi ini sangat membantu bagi dosen dalam melakukan menemjkan solusi dan saran-saran dari dosen-dosen lain. Maka Program Studi Manajemen Haji dan Umrah menggelar kegiatan Diskusi Dosen dengan tema “Bedah Rencana Pembelajaran Semester dan kesulitan mahasiswa dalam pelafalan Bahasa Arab”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan media Zoom Meeting pada hari kamis tanggal 23 Juli 2020 pukul 09.00 – 11.30 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 34 orang dosen yang tidak hanya berasal dari Program Studi Manajemen Haji dan Umroh saja, namun juga terbuka bagi dosen FEBI IAIN Bukittingi ataupun dosen-dosen IAIN Bukittinggi yang berminat dengan materi diskusi. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Era Sonita, SE., M.Si. yang memaparkan proses pembuatan Rencana Pembelajaran Semester yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran dan Capaian Lulusan Prodi Manajemen haji dan Umrah. Dan pemateri kedua yaitu Ibu Zikrawahyuni Maiza, SS., MIS yang memaparkan materi tentang hasil penelitiannya bagaimana kesulitan-kesulitan yang ditemui oleh mahasiswa kertika pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, dimana yang kita tahu Bahasa Arab adalah salah satu kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh mahasiswa terutama mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh. Dari kegiatan diskusi dosen ini diharapkan dosen-dosen di Program Studi Manajemen Haji dan Umroh serta dosen FEBI IAIN Bukittinggi pada umumnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran sehingga berdampak kepada profil lulusan prodi yang diharapkan, serta dosen juga dapat menggali berbagai ide riset dalam menghasilkan karya ilmiah yang kompetitif untuk di publikasikan. Diharapkan juga setiap materi diskusi dosen yang kita usung di FEBI IAIN Bukittinggi mampu mewujudkan konsep pemenuhan integrasi penelitian kedalam proses pembelajaran sehingga tuntutan akreditasi 9 kriteria yang menekankan pentingnya konsep integrasi ini dapat terealisasi melalui wadah kegiatan diskusi dosen.(rw)