Workshop Penulisan Bahan Ajar Digitalisasi Ber-ISBN: Mematik Lahirnya Karya Ilmiah Dosen FEBI UIN SMDD Bukittinggi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Workshop Penulisan Bahan Ajar Digitalisasi Ber-ISBN: Mematik Lahirnya Karya Ilmiah Dosen FEBI UIN SMDD Bukittinggi

Bukittinggi Rabu, 1 November 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan Workshop Penulisan Bahan Ajar Digitalisasi Ber-ISBN di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan mengundang narasumber guru besar dari Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Andri Soemitra Ka Program Studi S3 Ekonomi Islam dan Kasyful Anwar, Lc Senior Editor Prenada Grup Jakarta. Kegiatan Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi  Dosen FEBI UIN SMDD untuk mampu beradapatasi dalam era digitalisasi dengan melahirkan karya ilmiah berbasis digital berupa buku bahan ajar yang terintegrasi dengan hasil penelitian yang ber-ISBN sebagai kelayakan karya ilmiah secara nasional. Kegiatan dilangsungkan selama 2 hari dari tanggal 1-2 November 2023 di ruangan pertemuan FEBI UIN Bukittinggi.

Prof. Dr. Andri Soemitra selaku Ka Program Studi S3 Ekonomi Islam menjelaskan secara rinci berdasarkan pengalaman seputar langkah dan strategi penulisan ajar berbasis RPS sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran. Buku bahan ajar tersebut harus memenuhi standar karangan ilmiah, untuk memudahkan mahasiswa memahami matakuliah yang diajarkan. Begitu juga cara penulisan buku monograf, buku ilmiah dan buku referensi sebagai kewajiban karir dosen untuk  membantu laporan beban kerja dosen. Kemudian  dilengkapi oleh nara sumber kedua oleh bapak Kasyful Anwar, Lc yang ahli dan profesional di bidang penerbitan, Membekali  Dosen FEBI UIN Bukittinggi untuk terampil membuat bahan ajar yang terintegrasi dengan digitalisasi  agar sejalan dengan kebutuhan mahasiswa yang berada di generasi Z atau era digital ini. Juga kedua nara sumber memotivasi dosen agar banyak berkarya ilmiah, menulis buku baik berupa buku ilmiah, buku monograf dan buku referensi.

Workshop Penulisan Bahan Ajar Digitalisasi Ber-ISBN diikuti oleh 50 Dosen FEBI UIN SMDD Bukittinggi dan kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan I FEBI Dr. Rusyaida M.Ag mewakil Dekan FEBI dengan moderator Dr. Awaludin, MA. (NFM)

Leave a Reply