Relawan Pajak UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi: Sinergi Perguruan Tinggi Wujudkan Generasi Sadar Pajak

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) - Relawan Pajak UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi: Sinergi Perguruan Tinggi Wujudkan Generasi Sadar Pajak

Bukittinggi. Maret 2023. Pajak merupakan sumber utama pendapatan negara. Lebih dari 80% pendapatan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berasal dari pajak. Untuk mewujudkan penerimaan pajak yang maksimal, perlu dilakukan berbagai hal, salah satunya kolaborasi antar lembaga. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumatera Barat dan Jambi bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi merekrut Relawan Pajak Tahun 2023. Relawan Pajak ini bertugas memberikan asistensi dan pendampingan kepada wajib pajak orang pribadi dan badan di wilayah kerja Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi yang akan melaporkan SPT Tahunan. Asistensi diberikan oleh relawan pajak didampingi petugas di KPP Pratama dimana relawan pajak tersebut bertugas. Dalam kesempatan ini, FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengutus 10 orang relawan pajak yang ditugaskan di KPP Pratama Bukittinggi, dimulai dari 27 Februari hingga 31 Maret 2023.

          Sebelum melaksanakan asistensi dan pendampingan, para relawan pajak mengikuti sosialisasi dan seleksi relawan pajak yang dilaksanakan pada Januari 2023 yang dikoordinir oleh Ibu Gusrianti, S.Pd. M.S.Ak. selaku Koordinator Relawan Pajak FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Dalam sosialisasi dan seleksi yang juga dihadiri oleh Dr. Andriyaldi (Wakil Dekan III FEBI), Ibu Dr. Hesi Eka Puteri S.E. M.Si., selaku dekan membuka acara dan berpesan kepada mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan bagi mahasiswa yang nantinya terpilih sebagai relawan pajak karena ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan pengalaman praktis mahasiswa/i di bidang perpajakan. Setelah lulus sebagai relawan pajak, para relawan pajak juga mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan yang diadakan oleh FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

          Relawan pajak ini merupakan bentuk tindak lanjut dari MoU antara FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dan Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan implementasi kerjasama pembentukan tax center.

Leave a Reply